Media Berbagi Berbagai Hal

WhatsApp Batasi Fitur 'Forward' untuk Menekan Penyebaran HOAX

WhatsApp membatasi kemampuan pengguna di seluruh dunia untuk meneruskan pesan karena viral hoax di platformnya. Hal ini bermula karena mereka terus disalahkan atas serentetan kekerasan massa di India. Pasalnya, India adalah pasar terbesar WhatsApp di seluruh dunia, dengan lebih dari 200 juta pengguna disertai potensi penyebaran hoax yang tinggi.

WhatsApp tak tinggal diam dan telah memperluas upayanya untuk memerangi penyebaran misinformasi di negara ini.

Baca Juga : Penyebaran Hoax Via WhatsApp Picu Pembunuhan Hingga Penculikan di India.

Saat ini, Aplikasi perpesanan yang dimiliki oleh Facebook (FB) itu, memungkinkan pengguna untuk meneruskan pesan secara bersamaan ke sebanyak mungkin orang dan grup yang mereka inginkan. Untuk itu, mereka akan membatasi penerusan pesan agar informasi, khususnya Hoax tidak dapat menyebar dengan cepat

"Hari ini, kami meluncurkan tes untuk membatasi penerusan yang akan berlaku untuk semua orang yang menggunakan WhatsApp," kata perusahaan itu dalam posting blog Kamis malam.

"Di India - tempat orang meneruskan lebih banyak pesan, foto, dan video daripada negara lain di dunia - kami juga akan menguji batas bawah 5 obrolan sekaligus dan kami akan menghapus tombol maju cepat di samping pesan media," imbuhnya.

WhatsApp tidak mengatakan pembatasan apa yang akan diterapkan di luar India, tetapi sumber dari CNNMoney mengatakan bahwa WhatsApp akan terbatas untuk meneruskan pesan ke 20 obrolan.

Ini adalah upaya besar ketiga oleh perusahaan dalam tiga minggu untuk menghentikan rumor palsu menyebar di platformnya. Mereka juga meluncurkan fitur secara global yang akan memberi label pada pesan yang hanya di teruskan, bukan ditulis langsung oleh pengirimnya.

Dan lagi, mereka baru-baru ini menambahkan fitur yang memungkinkan administrator grup untuk mengontrol siapa yang dapat memposting pesan.

Sebagai induk perusahaan, Facebook telah berjuang selama berbulan-bulan untuk menangani pertanyaan tentang jenis konten yang diizinkan di situs web dan platform lainnya. CEO Mark Zuckerberg harus mengeluarkan klarifikasi minggu ini setelah kemarahan atas komentarnya bahwa Facebook tidak perlu menghapus posting oleh beberapa penyangkal Holocaust.

"WhatsApp dibangun untuk percakapan kelompok pribadi dan kecil dan kami selalu mengambil sikap keras terhadap spam dalam bentuk apa pun." tegas WhatsApp.
Labels: Android, Artikel, Berita, Gadget, Social Media, Teknologi

Thanks for reading WhatsApp Batasi Fitur 'Forward' untuk Menekan Penyebaran HOAX. Please share...!

0 Comment for "WhatsApp Batasi Fitur 'Forward' untuk Menekan Penyebaran HOAX"

Berkomentarlah dengan baik, karena komentar yang baik bisa membuat DizaShared lebih baik lagi. ^_^'

Back To Top