Media Berbagi Berbagai Hal

Pencarian Film Lebih Lengkap dari GOOGLE

Belakangan ini secara kebetulan aku menemukan tampilan lebih menarik dari google search saat mencari FILM atau MOVIE. Entah ini tampilan baru atau memang aku yang kurang update dalam dunia internet (hehehe -_-'). Dalam area penglihatanku di layar komputer saat mencari film, muncul area khusus untuk menayangkan cover plus judul dari film-film yang berkaitan dengan keyword.

Dalam tampilan yang menurutku baru tersebut, memang sangat membantu. Setidaknya itu menurutku hehehe... Pasalnya, aku saat itu memang sengaja mencari referensi film dengan genre yang aku suka dan merasa 'puas' dengan hasil pencarian dari google.

Lihat, berikut adalah screenshoot yang aku ambil saat mencari film dengan genre 'action'

Kalau lihat sekilas, tampilan diatas mirip dengan tampilan di display-bioskop. Cover film/movie ditampilkan beserta judulnya secara berjajar disertai dengan panel 'next' dan 'previous'. Tentu desain tampilan diatas memang sengaja di rancang untuk memudahkan kita dalam mencari informasi. Google memang baik yach.. hehehe... :)

Tidak hanya mebuat 'display' cover beserta judul film, kita juga bisa meng-klik film yang ditampilkan. Misal, kita pilih salah satu judul film, maka  secara otomatis google akan menampilkan link-link yang terkait dengan film yang kita pilih. Google juga menampilkan detail dari film yang kita pilih, mulai dari summary hingga cast peran/tokoh dari film.

Lihat screenshot berikut!
Screenshot diatas sengaja aku beri kotak berwarna-warni untuk membedakan tiap bagian yang google sediakan. Pada kotak pertama, kotak warna hijau: masih menampilkan 'display' film yang se-genre. Kotak kedua, kotak warna merah: menampilkan hasil pencarian web dan link sesuai film yang dipilih pada 'display movie'. Dan kotak ketiga, kotak warna biru: menampilkan rangkuman yang dibuat google.

Coba punya coba, ternyata tampilan diatas tidak semua keyword film. Maksudnya, hanya keyword tertentu yang bisa muncul dengan tampilan diatas. Nah, terus bagaimana? Kalau aku sendiri sudah mencoba berbagai keyword. Kesimpulannya, untuk menampilkan hasil pencarian seperti diatas, keyword yang dipakai adalah [genre film] + 'film/movie'.

Contoh, ketika kita mencari film dengan genre romantis maka keyword yang diketikkan adalah "Romance Movie" atau "Romance Film" (tanpa tanda petik)
Genre yang diketikkan harus berbahasa inggris ya..

Untuk info macam genre film dalam bahasa inggris silakan kunjungi http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_genres#Film_genres
namun sayang, lagi-lagi tak semua genre film bisa ditampilkan dengan hasil pencarian jenis ini.. :)
Mau coba??? silakan kunjungi google :)
Labels: Artikel, Internet, Sharing, Video

Thanks for reading Pencarian Film Lebih Lengkap dari GOOGLE. Please share...!

0 Comment for "Pencarian Film Lebih Lengkap dari GOOGLE"

Berkomentarlah dengan baik, karena komentar yang baik bisa membuat DizaShared lebih baik lagi. ^_^'

Back To Top