Media Berbagi Berbagai Hal

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Lutut

Akhir-akhir ini, sering kali lutut kakiku terasa nyeri. Aktivitas kerjaku yang belakangan memaksaku untuk menekuk lutut pun turut memperparah keadaan. Mengutip dari artikel merdeka dot com, lutut merupakan bagian sendi yang sering terluka dan jika nyeri, rasa sakitnya benar-benar menyiksa. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak cara tepat mengatasi nyeri lutut selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up pada merdeka dot com berikut ini.

  • Mengompres dengan es batu adalah langkah pertama meredakan nyeri pada lutut. Namun jangan lupa membungkus es batu dengan handuk dan tidak langsung terkena kulit untuk mengatasi nyeri yang Anda alami.
  • Jika Anda gemar berlari atau mendaki gunung, kurangi kebiasaan tersebut. Sebab aktivitas tertentu memang mudah membuat lutut terluka dan mengalami nyeri.
  • Periksa sepatu yang Anda pakai. Apakah hak, bahan, atau ukurannya sudah sesuai? Pasalnya alas kaki juga ikut berperan memicu nyeri pada lutut.
  • Kalau ada perbedaan panjang pada kaki, segera konsultasikan masalah tersebut pada dokter. Panjang kaki memang sebaiknya harus proporsional demi menghindari cedera maupun rasa nyeri.
  • Anda sebaiknya juga sering-sering melakukan olahraga dengan cara merenggangkan kedua kaki selebar-lebarnya. Aktivitas tersebut membuat otot kaki lebih fleksibel dan mengurangi risiko nyeri lutut.
  • Selain itu, otot pada bagian paha belakang juga perlu dilatih dengan olahraga tertentu. Konsultasikan dengan dokter mengenai olahraga yang tepat untuk menguatkan otot tersebut.
  • Ada juga makanan yang membuat lutut menjadi lebih kuat, seperti buah berry, jahe, alpukat, biji rami, ikan yang mengandung omega-3, dan kedelai.
  • Postur tubuh sebaiknya diperbaiki demi menghindari nyeri lutut. Misalnya ketika duduk, pastikan kaki tidak tertekuk atau menggantung. Posisikan tubuh pada kursi senyaman mungkin. Selain itu, jangan menyilangkan kaki ketika duduk dalam waktu yang lama.
  • Batasi konsumsi garam yang memicu penyimpanan air berlebih dan membengkak, akibatnya lutut bisa terasa nyeri.
  • Untuk sayuran, jangan malas mengonsumsi terung, paprika, tomat, kentang, dan juga vitamin C demi kesehatan lutut.

Itulah cara tepat mengatasi nyeri pada lutut. Lebih baik mencegah daripada mengobati masalah kesehatan tersebut bukan?
Labels: Artikel, Tips & Trik

Thanks for reading Cara Mudah Mengatasi Nyeri Lutut . Please share...!

3 Comment for "Cara Mudah Mengatasi Nyeri Lutut "

iya gan widget JS nya saya disable biar ringan :(, bisa dibetulin kok, tapi saya masih sibuk xD

Caranya gimana Gan? Perlu otak atik yang ribet ga? klo misal bisa aktifin js dengan mudah, kasih tau caranya aja gan, ntar aq coba utak-atik ndiri klo bisa.. hehehe :D

sebenernya agak ribet gan :(, saya takutnya ngerusak banyak hal, kalo itu ditambahin lagi, ganti aja templatenya...

Berkomentarlah dengan baik, karena komentar yang baik bisa membuat DizaShared lebih baik lagi. ^_^'

Back To Top